Transformasi Digital Globlal dalam Laporan Data Never Sleeps

3 jam lalu
Bagikan Artikel Ini
img-content
Big Data
Iklan

Domo mencatat data digital sejak 2013, apa saja yang berubah dan bertambah?

***

Data Never Sleeps 1.0, dimulai dengan 2.1 miliar orang dari seluruh dunia yang menggunakan internet. Sebelumnya, terjadi pertumbuhan sebesar 6.59% dari tahun 2010 ke 2011. Pada tahun 2011 ini, data yang selalu berjalan terdiri atas: YouTube, Email, Google, Facebook, Belanja daring, Twitter, Aplikasi Apple. Likes yang diterima merek: Tumblr Blog, Pengguna Instagram, Flicka, Foursquare. Lalu website yang baru, blogs baru, dan mobile web. Dalam laporan Domo, data never sleeps 1.0 didominasi oleh aktivitas yang dilakukan pengguna email dengan angka 204,166,667. 

Pada data never sleeps 2.0, pengguna internet bertumbuh menjadi 2.4 miliar, dengan diiringi tren baru seperti pinterest, vine, skypes, Yelps, Amazon, Pandora, Instagram, Tweet, Tinder, WhatsApp. Periode ini mulai menunjukan data yang disimpan didominasi oleh visual, terdapat 347,222 foto yang dibagikan oleh pengguna WhatsApp. 

Terjadi pergeseran aktivitas manusia di internet dari tahun sebelumnya, yang hanya berbagi teks di internet tahun ini data yang dilaporkan mencangkup data. Berlanjut pada periode 3.0, manusia mulai memanfaatkan data untuk memudahkan kehidupan dengan aplikasi ojek daring Ubers, dan terdapat beberapa trend baru yang menampilkan bentuk visual seperti Snapchat dan Netflix. Pada tahun ini manusia mulai aktif untuk menciptakan konten di media sosial, sebagai contoh aktivitas Facebook mengalami pertumbuhan menjadi 4,166,667, dari sebelumnya 2,460,000. 

Data never sleeps 4.0, perubahan semakin terasa dengan kehadiran Siri dan Dropbox, yang membantu memudahkan manusia untuk menyimpan dan mencari data. Pada tahun ini kehidupan internet mulai diisi dengan kehadiran Internet of Thing  (IoT). Terdapat kenaikan penjualan pada Amazon, yang artinya semakin banyak manusia yang melakukan pembelian online.  Periode data never sleeps 5.0, memasuki era manusia berbagi data profesional secara daring melalui Linkedin, dan hadirnya aplikasi streaming musik Spotify. Selain itu, pertumbuhan aktivitas manusia di media sosial juga dapat dirasakan sebagai contoh terdapat 456,000 cuitan di Twitter. Pada periode ini pengguna internet menjadi 3,7 miliar dan mencapai 47% dari total populasi global.

Data never sleeps 6.0 merepresentasikan 3.8 miliar pengguna internet, dan tercipta 1.25 bitcoin. Tahun ini memperlihatkan pertumbuhan aktivitas di aplikasi Spotify, dengan total streaming 750,000. Data never sleeps 7.0 terjadi pertumbuhan aktivitas pengguna Snapchat menjadi 2,083,333 dari sebelumnya 527,760. Netflix juga mengalami pertumbuhan pengguna menjadi 97,222 dari sebelumnya 69,444. Data never sleeps 7.0 pertumbuhan pengguna internet semakin pesat, berada di angka 4.3 miliar, dan ditandai dengan kehadiran Airbnb sebanyak 1,389 reservasi. Pada tahun ini pergeseran alat komunikasi yang digunakan semakin terasa dengan 18,1000,000 pesan yang dikirim setiap menitnya. 

Data never sleeps 8.0 pengguna internet menjadi 4.5 miliar dan hadirnya aplikasi TikTok dengan 2,704 diunduh. Tahun 2020 dapat dikatakan sebagai masa kejayaan aplikasi Zoom dengan 208,333 pengguna aktif. Pada tahun yang sama pertumbuhan orang yang komunikasi melalui telepon video juga dapat dirasakan dengan total 1,388,889. Data never sleeps 9.0 angka pengguna internet menjadi 5.2, dan semakin berkembangnya jenis aplikasi yang memanfaatkan big data seperti strava, clubhouse, discord. Pada tahun ini terdapat 6 juta orang yang melakukan belanja daring setiap menit.  Streaming Netflix menjadi 452 ribu, Zoom menjadi 856, dan Snapchat menjadi 2 M pengguna aktif.

Data never sleeps 10.0 pengguna internet berada di angka 5 miliar dengan pertumbuhan aktivitas di internet yang semakin meningkat. Pada periode ke 10 ini, terlihat perubahan pada pola konsumsi internet sebagai contoh, pada tahun 2013 hanya ada 3.6 ribu foto yang dibagikan di Instagram, sedangkan pada 2022 terdapat 66 ribu. Data never sleeps 11.0, Internet diwarnai dengan hadirnya Chat Gpt dengan 6,944 prompts, dan pertumbuhan waktu penggunaan internet menjadi 25.1 juta jam, serta meningkatnya kejahatan siber. Laporan domo pada tahun ini juga diwarnai dengan tren baru, yakni streaming lagu Taylor Swift sebanyak 69.4 ribu kali dalam satu menit. 

Data never sleeps 12.0 menjadi 5.5 miliar pengguna internet. Pada tahun 2024 ini, internet mulai dipenuhi dengan hadirnya kecerdasaan buatan dalam membantu manusia. Jika dibandingkan dengan data never sleeps 1.0, pengguna internet saat ini aktif di media sosial dalam kehidupan sehari-hari dan tidak hanya sekedar berkomunikasi. Namun, seiring perkembangan zaman, Email masih menjadi saluran kirim pesan yang paling banyak penggunanya sejak 2013, saat ini terdapat 251.1 juta pesan terkirim. 

Perubahan apa saja yang terlihat sejak periode 1.0-12.0? 

Berdasarkan data di atas, setiap periode pengguna internet terus bertambah dengan diiringi trend yang berubah juga. Aktivitas dan preferensi pengguna internet juga mengalami perubahan setiap periodenya, sebagai contoh pada periode 9.0 TikTok mulai mendapatkan banyak pengguna dengan total 167 juta. Periode 8.0 menjadi titik perkembangan tren remote begitu pesat, karena adanya pandemi Covid-19, sehingga manusia berbondong-bondong melakukan aktivitas melalui internet. Sebagai contoh, penjualan di aplikasi online mencapai $1,000,000, dan Zoom Meeting mencapai 208,333 partisipasi. Internet of Things (IoT) dan kecerdasaan buatan (AI) mulai mengambil peranan penting dalam membantu manusia, dan perlahan menggeser fungsi tradisional sejak periode 4.0. Bertumbuhnya pengguna internet yang awalnya 2.1 miliar menjadi 5.5 miliar, juga mempengaruhi pola konsumsi media atau jenis konten yang beredar di Internet. Jika pada awal periode data never sleeps pengguna internet cenderung mendominasi aplikasi Snapchat, maka saat ini aplikasi TikTok yang lebih dicenderungi. Perkembangan kehidupan di internet ini, juga diiringi dengan kejahatan digital dan rendahnya kesadaran privasi. 

Laporan data never sleeps yang diterbitkan oleh Domo ini menunjukan 3 (tiga) unsur big data dalam kehidupan sehari-hari yaitu, volume, variousity, dan velocity. Hal ini ditunjukan dengan kasus yang terjadi di setiap periodenya, seperti pertumbuhan pengguna internet yang sangat cepat dan terus bertambah (volume). Bertambahnya jenis data yang dilaporkan oleh Domo pada setiap periode (variousity), seperti pada awal periode data yang dilaporkan didominasi oleh text, dan saat ini berkembang menjadi gambar, video, audio, dan lainnya. Update di media sosial seperti Twitter, Instagram, WhatsApp secara real-time dan berkembangnya aplikasi streaming di internet (velocity). Data never sleeps yang dilaporkan oleh Domo, juga menunjukan perubahan tren yang sangat cepat, sehingga setiap periode jenis atau data yang dilaporkan juga mengalami perubahan.

Sumber:  Data Never Sleeps 10.0 | Domo

Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Big Data Analytic Prodi Produksi Media Politeknik Tempo, yang diampu oleh Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si. dan ditulis oleh mahasiswa semester lima (5). 




Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler